Diklat penyusunan bibliografi mencakup pengantar bibliografi, pengantar teknologi informasi, katalogisasi, klasifikasi dan penentuan tajuk subjek, penyusunan indeks, praktik penyusunan bibliografi.

Pengantar Bibliografi

Pengajar : Nasrulah

Mata ajar diklat ini menjelaskan tentang pengertian, definisi, sejarah dan perkembangan, fungsi, tujuan dan manfaat, jenis-jenis bibliografi, deskripsi entri bibliografi, proses pembuatan dan penyusunan bibliografi yang disajikan dengan metode pelatihan andragogi yang meliputi ceramah, tanya jawab, dan curah pendapat.

Nasrullah Rasya

Pengantar Teknologi Informasi

Mata ajar diklat ini membekali peserta dengan pengetahuan tentang pengertian, komponen dan karakteristik, fungsi, manfaat serta efektivitas dan kendala teknologi informasi, juga pemanfaatan pengoperasian software untuk penyusunan bibliografi. Penyajian materi dengan menggunakan metode pelatihan andragogi yang meliputi ceramah, pemaparan, tanya jawab, dan diskusi.

Rifa Fadilah

Katalogisasi

Mata ajar diklat ini membekali peserta dengan pengetahuan tentang pengertian, tujuan dan fungsi katalog, peraturan deskripsi standar internasional (AACR), mengkaji dan memilih katalog salinan (copy cataloguing), serta praktik deskripsi buku dan non buku, menentukan titik akses dan cara menulis tajuk, judul seragam serta format katalog, yang disajikan dengan menggunakan pelatihan andragogi yang meliputi ceramah, curah pendapat, dan praktik.

Jusaini ChaniagoLiya Dachliyani

Klasifikasi dan Penentuan Tajuk Subjek

Mata ajar diklat ini membekali peserta dengan pengetahuan tentang pengertian, tujuan, fungsi, sistem, jenis, prinsip klasifikasi, analisis subjek, urutan sitasi, deskripsi indeks, penggunaan sistem klasifikasi DDC, dan penentuan tajuk subjek yang disajikan dengan menggunakan metode pelatihan andragogi yang meliputi ceramah, tanya jawab, pemaparan, dan curah pendapat.

Tatat KurniawatiHelen Manurung

Penyusunan Indeks

Mata ajar diklat ini membekali peserta dengan keterampilan menyusun berbagai jenis indeks yang merupakan komponen suatu bibliografi.

Indreswari Nurmalia

Praktik Penyusunan Bibliografi

Mata ajar diklat ini membekali peserta dengan pengetahuan tentang pengertian, fungsi dan manfaat, serta proses penyusunan bibliografi baik secara manual dan komputerisasi.

Deine PangalilaShinta Tri Justicia